Minggu, 21 Maret 2010

Sejarah Linux

Sejarah Linux

Sejak lahirnya Linux, kernel sebuah sistem operasi bebas, ia telah berkembang dengan pesatnya dibangun oleh ribuan relawan programer sejagat. Born to be Free hadir sejak limabelas tahun lampau dengan ketentuan lisensi bebas. Dibesarkan penuh dengan kontroversi mulai dari pemberian nama sampai dengan permasalahan keabsahan atas keberadaannya. Ia telah menawan hati ratusan juta pendukungnya namun tidak pernah bebas dari adanya pihak-pihak yang memusuhinya.

Prasejarah Linux

Pada tahun 1983 Richard M. Stallman mendirikan proyek GNU dengan tujuan mengadakan sebuah sistem operasi mirip UNIX dan kompatibel dengan POSIX. Dua tahun kemudian ia mendirikan yayasan Free Software Foundation (FSF) dan menciptakan GNU General Public License (GPL) sebagai pondasi hukum guna menjamin penyebaran software secara bebas.

Atas dasar pondasi hukum itu, Software GNU telah tersebar luas dan banyak pengembang relawan dapat memberikan kontribusinya. Dalam waktu singkat telah tersedia banyak paket program dan jumlahnya terus meningkat. Pada awal 1990an pada prinsipnya telah tersedia cukup paket program bebas (GNU Software) yang dapat digunakan sebagai komponen membangun sebuah sistem operasi. Untuk itu ternyata masih tertinggal Kernel (Proyek GNU-Hurd) yang merupakan jantung dari sebuah sistem operasi yang pengembangannya masih terhambat. Microkernel yang dikembangkan untuk itu ternyata mengalami banyakhambatan, terutama dalam hal melibas kecoa (bugs) dan sehubungan dengan arsitekturnya yang moderen tapi dianggap cukup ribet. Pada dasawarsa tahun 80an Universtas Berkeley juga mengembangkan sistem operasi bebas dengan distribusi bernama Berkeley Software Distribution (BSD). Proyek pengembangan BSD ini menggunakan versi Unix edisi 4 dari AT&T sebagai rujukan. Karena sistem operasiBSD saat itu belum 100% halal dan masih mengandung Code asal AT&Ts Unix, maka di tahun 1990an terjadi perselishan hukum antara AT&T dan Universitas Berkeley, yang menurunkan stamina para pengembangnya dan secara drastis menghambat pengembangannya.

Dengan terhambatnya pengembangan BSD, maka pada awal tahun 1990an sebenarnya belum tersedia sistem operasi yang 100% bebas. Dan perselisihan hukum dengan AT&T membuat masa depan proyek BSD jadi tak menentu, sementara pengembangannya jugapraktis dibekukan. Sementara itu, proyek GNU lainnya tetap berjalan dan jumlah paket software yang dihasilkan terus meningkat.


Lahirnya Linux

Di tahun 1991 Linus T orvalds di Helsinki mulai mengembangkan sistem operasi Seperti ditulis dalam bukunya (bersama David Diamond, 2001), Torvalds kemudian menyadari bahwa apa yang dibuatnya itu ternyata merupakan basis sebuah sistem operasi. Pada hari bersejarah 25 Augustus 1991 ia kemudian memposting email ke milis pengguna Minix: comp.os.minix yang isinya selalu dikutip sebagai sebuah proklamasi lahirnya Linux:


„Hello everybody out there using minix -

I'm doing a (free) operating system (just a hobby, won't be big and professional like gnu) for

386(486) AT clones. This has been brewing since april, and is starting to get ready. I'd like any

feedback on things people like/dislike in minix, as my OS resembles it somewhat (same

physical layout of the file-system (due to practical reasons) among other things).

I've currently ported bash(1.08) and gcc(1.40), and things seem to work. This implies that I'll

get something practical within a few months, and I'd like to know what features most people

would want. Any suggestions are welcome, but I won't promise I'll implement them :-)

Linus (torvalds@kruuna.helsinki.fi)

PS. Yes – it's free of any minix code, and it has a multi-threaded fs. It is NOT portable (uses 386 task switching etc), and it probably never will support anything other than AT-harddisks, as that's all I have :-(.“


Hari ini limabelas tahun lampau tanggal 17 September 1991 kode sumber Linux versi 0.01 untuk pertama kalinya tersedia di server FTP di Helsinki untuk dicoba dan dikembangkan lebih lanjut komunitas pengembang relawan. Versi Kernel Linux yang berlaku pada hari ini (2006) telah mencapai versi 2.6.17.13 dan versi 2.4.33.3.


Sesungguhnya, bila mengikuti kata hati Linus Torvalds saat itu, nama sistem operasi atau tepatnya kernel yang dibidaninya, bukannya bernama Linux melainkan Freax. Sebuah kata berasal dari Free dan juga bisa dari kata Freak. Ditambahkan huruf x dibelakangnya seperti umumnya penamaan di lingkungan Unix. Karena itu awalnya selama enam bulan pertama,


Torvalds masih sempat menyimpan karyanya di folder bernama Freax. Walaupun nama Linux pernah terlintas dalam pikirannya, tapi kata itu tidak pernah dilontarkan karena ia beranggapan hal itu terlalu egosentris. Untuk memberikan akses kepada pengembang lain memungkinkan kontributor melakukan perbaikan maupun kontribusi termasuk saran dalam pengembangan lebih lanjut, ia harus meletakkan file tersebut di sebuah server FTP di (ftp.funet.fi) Helsinki University of Technology (HUT), seperti yang telah dilakukan pada hari bersejarah tanggal 17 September 1991. Penanggung jawab untuk server di HUT saat itu Ari Lemmke ternyata tidak suka dengan nama Freax dan tanpa banyak diskusi langsung saja memberi nama Linux. Di kode sumber versi 0.01 masih dapat dibaca kalimat tertinggal yang menyebutkan "Makefile for the FREAX-kernel" . Tanpa direncanakan, nyaris kebetulan, demikianlah nama Linux secara de facto digunakan sampai saat ini, dimana mana dan untuk segala hal yang erat kaitannya dengan Linux (termasuk Gudang Linux ).

Sehubungan dengan lisensi, awalnya Torvalds menggunakan lisensi buatan sendiri, tapi kemudian memutuskan untuk memakai GPL. Hal itu diberlakukan untuk pertama kalinyabersamaan dengan rilis kernel versi 0.99.10 pada tanggal 7 Juni 1993 yang menggunakan

lisensi GPL. Sejak itu pengembangan Linux tumbuh lebih cepat dan lebih efisien. Belakangandalam sebuah wawancara Linus Torvalds mengakui bahwa pemberlakuan lisensi GPL untuk Linux merupakan keputusan yang paling baik yang pernah ia lakukan dalam hidupnya: "Making Linux GPL'd was definitely the best thing I ever did ."

Mulanya istilah Linux bagi Torvalds adalah untuk Kernel saja, yaitu jantung dari sebuah sistem operasi. Kemudian ia berkembang menjadi distribusi yang mengemas paket program lain terutama dari proyek GNU, dan itu hampir semuanya menggunakan kata Linux untuk nama distribusinya. Realita ini telah membangkitkan permasalahan yang mempertanyakan penggunaan kata GNU/Linux ketimbang hanya Linux saja.

Sementara itu Richard Stallman sebagai tokoh utama proyek GNU berupaya untukmensosialisasikan agar sistem operasi yang menanamkan Linux sebagai Kernel sebaiknya membubuhkan nama GNU/Linux. Apa yang telah terjadi saat ini, dari ratusan distro yang ada,hanya beberapa distribusi saja, salah satunya yang terbesar adalah Debian GNU/Linux, yang mematuhi keinginan Stallman. Perbedaan pendapat juga diperluas karena kondisi distribusi dewasa ini yang tidak sekedar mengemas kernel Linux dan program dari proyek GNU saja, melainkan juga program-program dari sumber bebas pihak ketiga lainnya.


Perjuangan mencapai 1.0

Pecinta dan pengembang Linux sejak mula berkumpul dan berdiskusi di Minix Newsgroup yang jumlahnya baik dari sisi peserta maupun topik yang dibahas kian hari terus meningkat. Pada awal 1992, pendiri Minix Profesor Andrew Tanenbaum kewalahan dengan dimensi threads tentang Linux yang dibahas di milis Minix dan ia merasa hal itu sudah berlebihan.Dalam sebuah postingnya yang terkenal " LINUX is obsolete " (Linux adalah kadaluarsa), Profesor Tanenbaum melontarkan kritik yang menjadi awal dari perseteruan dengan kelompok Linux. Ia menyebutkan bahwa kernel Linux yang monolithic adalah kuno dan sebuah sistem operasi yang moderen seharusnya merujuk kepada teknologi microkernel. Selain itu dikatakan bahwa Linux telah menyatu dengan arsitektur prosesor x86, sedangkan menurut Tanenbaum sebuah sistem operasi yang baik harus portable. Diskusi berkelanjutan memanas dan posting Torvalds menjawab hal itu mulai emosional melampaui batas teknis sampai menyinggung pribadi. Hal terakhir kemudian diluruskan dengan permintaan maaf. Sebagai konsekuensi dari 'tawuran elektronik' tersebut, kelompok kubu Linux meninggalkan milis minix dan membentuk sebuah newsgroup baru: comp.os.linux.


In article I wrote:

>Well, with a subject like this, I'm afraid I'll have to reply.

And reply I did, with complete abandon, and no thought for good taste and netiquette.

Apologies to ast, and thanks to John Nall for a friendy "that's not how it's

done"-letter. I over-reacted, and am now composing a (much less acerbic) personal letter

to ast. Hope nobody was turned away from linux due to it being (a) possibly obsolete (I still think

that's not the case, although some of the criticisms are valid) and (b) written by a hothead :-)

Linus "my first, and hopefully last flamefest" Torval


Usaha implementasi sistem X-Window dilakukan pada tahun yang sama, memberikan Linux tidak hanya sebuah antarmuka grafis (GUI) melainkan juga kemampuan networking di tengah sistem operasi dengan x-clients dan x-server via socket domain. Selain itu kemampuan networking dengan dunia luar yang menjadi keharusan sebuah sistem ala Unix, juga saat itu dianggap nyaris rampung. Tanpa ragu Torvalds membuat lompatan dengan meningkatkan versi Linux dari 0.95 menjadi 1.0, sebuah status bagi pengembang mengekspresikan apa yang direncanakan sudah jadi. Namun apa yang terjadi sebagai realita yang harus dihadapi sehubungan dengan networking ternyata tidak semudah itu. Hampir dua tahun dibutuhkan tim pengembangan sampai akhirnya versi 1.0 benar-benar berfungsi. Kernel Linux kemudian untuk pertama kalinya mendapatkan driver untuk SCSI dan sound, termasuk sistem file ext2.

Dengan sistem X-window yang telah dimilikinya, dimungkinkan portasi program-program jang jalan untuk X11 termasuk yang berasal dari SCO Unix, semuanya telah memperluas penawaran aplikasi yang bisa digunakan untuk Linux. Linux mulai belajar mencetak via port paralel berkat portasi dari sistem cetak BSD, membuat ia mulai bisa digunakan. Sebagai distribusi Linux pertama, di akhir tahun 1992 telah tersedia distro Yggdrasil yang bisa di instalasi menggunakan CDROM. Distribusi generasi awal lainnya yang masih ditemukan piawai sampai hari ini (2006) adalah Slackware Linux yang ada sejak awal tahun 1993 dan Debian GNU/Linux dimulai pada pertengahan tahun yang sama. Pada bulam Maret 1994 akhirnya Torvalds meluncurkan Linux 1.0. Dimensi kode sumber untuk kernel Linux saat itu mencapai lebih dari 170.000 baris, dimana separuhnya terdiri dari hardware drivers. Sejumlah elemen yang senantiasa diperbaiki sampai saat ini, masih bisaditemukan dalam versi Linux terbaru. Tercatat saat itu, sekitar seratus pemrogram relawan yang aktif dan tersebar diseluruh dunia, bahu membahu membangun Linux, termasuk pemrogram prominen seperti Alan Cox dan Donald Becker. Jumlah pengguna sistem operasi Linux dimasa yang sama di-estimasikansekitar seratus ribuan.

Tidak ada komentar: